sistematika penulisan karya ilmiah

unsur-unsur yang biasanya hadir dalam sebuah penulisan karya ilmiah adalah sebagai berikut:

1. kata pengantar, berisikan hal hal  berikut ini
    a. ucapan syukur atas  rahmat dan hidayah Allah,
    b. maksud penyusunan makalah
    c. ucapan terima kasih kepada pihak yang terkait
    d. harapan dan permintaan maaf
2. latar belakang, mengungkapkan landasan pemikiran pemilihan judul atau permasalahan. latar belakang masalah hendaknya memperhatikan identifikasi masalah yang diungkapkan.
3. rumusan masalah, mengungkapkan cakupan masalah yang akan dibahas. bagian ini menguraikan permasalahan yang dimasalahkan (biasanya menggunakan pertanyaan yang jawabannya merupakan perincian, bisa menggunakan pertanyaan yang diawali dengan kata apa, mengapa, atau bagaimana sesuai dengan identifikasi masalah
4. tujuan penulisan, mengungkapkan tujuan yang ingin dicapai oleh penulis dengan karya tulisnya itu. tujuan penulisan ini merupakan jawaban terhadap pertanyaan pertanyaan yang ada dalam rumusan masalah.
5. metode pengumpulan data, artinya teknik teknik yang digunakan penulis untuk memperoleh data dan menganalisisnya diantaranya studi pustaka dan wawancara. 
6.  sistimatika penulisan, menjelaskan urutan bab demi bab yang terdapat dalam karya tulis
7. landasan teori, berisikan penjelasan tentang berbagai teori yang berhubungan dengan permasalahan dalam karya tulis menurut berbagai sumber.
8. pembahasan, merupakan bagian penganalisisan masalah yang bersumber dari data yang diperoleh.
9. penutup, memuat simpulan dan saran. simpulan berisi jawaban dari rumusan masalah. sementara saran berisi masukan terhadap permasalahan dalam karya tulis.
10. daftar pustaka, adalah sebuah daftar yang berisi judul judul buku, artikel artikell dan bahan bahan penerbitan lainnya yang digunakan sebagai acuan penelitian.







Komentar

Postingan populer dari blog ini

sel hewan dan sel tumbuhan

kecap panambah | B. sunda

pola bilangan dan barisan